skip to Main Content
Sambutan Ketua Ikopin Pada Wisuda  XLVIII Tahun 2021

Sambutan Ketua Ikopin Pada Wisuda XLVIII Tahun 2021

Sambutan Ketua Umum DPP IKA IKOPIN

Assalamu Alaikum Wr Wb
Salam Sejahtera untuk kita semua

Ketua Yayasan Pendidikan Koperasi yang kita hormati,

Rektor IKOPIN, Bapak DR Burhanuddin Abdullah yang kita cintai dan banggakan dan seluruh civitas Academica IKOPIN insan pejuang pembawa obor pelita cahaya Koperasi…Dan orang Tua ataupun wali yang mewakili para wisudawan dan wisudawati yang kami hormati Serta khususan kepada wisudawan wisudawati..

Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat dan rahmatnya sehingga pada pagi ini kita bisa menghadiri acara Wisuda Program Sarjana Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN)

Pertama-tama, atas nama Pengurus DPP IKA IKOPIN, kami mengucapkan selamat kepada semua wisudawan dan wisudawati yang hari ini dikukuhkan sebagai alumni Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN).
Hari ini saudara telah resmi menyelesaikan seluruh proses pembelajaran di IKOPIN dan siap untuk kembali ke pangkuan masyarakat, membina, mengabdi dan mengamalkan seluruh ilmu yang diperoleh selama saudara belajar di IKOPIN. DPP IKA IKOPIN merasa bangga atas atas kelulusan saudara, karena kembalinya saudara ke masyarakat semakin memperkuat, memperkokoh dan menambah peran IKOPIN dalam membangun bangsa, lebih khusus lagi gerakan Koperasi. Saudara adalah ujung tombak gerakan Koperasi untuk melakukan pembinaan, pengelolaan, pengembangan dan pertumbuhan Koperasi yang moderen di era digitilisasi. Kembalinya saudara kepada masyarakat diharapkan terus “memancarkan sinar terang”, membawa kecerahan bagi masyarakat karena saudara adalah “tempat terbitnya cahaya” dalam membina masyarakat. Selanjutnya kami berpesan agar saudara mampu menjaga dan memelihara nama baik almamater saudara. Yaitu dengan menjaga untuk terus berperilaku baik sebagai insan paripurna serta memberikan manfaat kepada orang lain karena sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat kepada orang lain (khairunnasi anfa’uhum linnaas).

Hari ini saudara resmi menyandang gelar “sarjana” dan akan memasuki fase dunia kerja.

Dalam memasuki dunia kerja, adindaku semua tidak usah gamang, proses wisuda ini disamping merupakan acara seremonial juga merupakan titik awal dari sebuah kehidupan baru… kerja.. kerja dan kerja. Kerja itu tidak semata diartikan an sich sebagai “orang gajian” tapi kerja adalah juga sebagai bagian dari ibadah… kerja sebagai bagian dari sebuah perubahan untuk selalu bisa memberikan nilai tambah.
Bekerja itu tidak hanya sebagai pegawai negeri ataupun sebagai buruh. Bekerja secara formal dan non formal, bekerja sebagai pemilik, bekerja sebagai profesional, bekerja sebagai apapun landasan dasar nya adalah ilmu yang telah kita pelajari selama beberapa tahun di Kampus seribu tangga tercinta ini.
Dan nanti dalam karier dan kehidupan saudara saudaraku semua harus salah satunya berpegang kepada hukum navigasi, seperti yg disampaikan John C . Maxwell: “anyone can steer the ship, but it takes a leader to chart the course”. Ya, siapapun dapat mengemudikan kapal, tetapi seorang pemimpinlah yang dapat menentukan arahnya.
Dalam hukum navigasi setidaknya ada 4 elemen utama yang terkandung di dalamnya.

Elemen pertama: penentuan arah. Dibalik kemudinya navigator menentukan ke mana dia akan membawa kapal yang dinakhodainya. Dia menentukan rencana tindakan, sasaran, serta perioritas.

Elemen kedua: antisipasi. Navigator harus mengantisipasi perjalanan kemana yg harus di tuju, memiliki visi, bagaimana mencapai visi tersebut dan mengetahui siapa saja yang dibutuhkan dalam tim agar perjalanan berhasil.

Elemen ketiga: kontrol, atau menguji keadaan. Navigator harus mengecek perjalanan secara Kontinyu, baik sebelum berangkat maupun pada saat menempuh perjalanan.

Elemen ke empat: mendengar apa kata orang lain. Navigator terbaik harus mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, dari sebanyak banyaknya sumber.

Syarat untuk seorang pemimpin untuk menerapkan hukum ini menurut Maxwell antara lain adalah: (1). Sikap positif, yakin pada diri sendiri bahwa dia bisa memimpin, (2). Melihat fakta secara realistis, bahkan fakta paling brutal sekalipun dan ke (3) mampu menyeimbangkan antara optimisme dan realitas yang dilihatnya.

Kita harus bangga sebagai alumni IKOPIN, sarjana ekonomi plus Koperasi. Kita harus bangga dengan Bapak Burhanuddin Abdullah selaku REKTOR IKOPIN, mantan Menteri Kordinator EKUIN dan Gubernur Bank Indonesia, kita harus bangga dan berterima kasih kepada seluruh pimpinan ditingkat Institut, fakultas maupun jurusan, bapak dan ibu dosen kita yang hebat dan memiliki integritas… Pahlawan di Bidang keilmuan dan Koperasi. Jangan pernah lupa sama mereka, minimal kita mendoakannya.

Dan sauadara saudaraku insan Koperasi semuanya salah satu modal dasar terbesar kita adalah amanah daripada Pancasila dan UUD 1945, terlebih lebih pasal 33 UUD 1945.

Untuk itu sekali lagi saya ucapkan selamat dan pesan saya selalulah memberikan nilai tambah dan kerjakan dengan cara cara luar biasa maka hasilnya pasti luar biasa.
Bangkit – Bangun – Bergerak. IKOPIN JAYA
KOPERASI JAYA – RAKYAT MAKMUR – RAKYAT SEJAHTERA.

Merdeka!!!