skip to Main Content
Sambutan Ketua Ika Ikopin Pada Wisuda Ikopin Ke 45

Sambutan Ketua Ika Ikopin Pada Wisuda Ikopin Ke 45

*Sambutan Ketua Umum DPP IKA IKOPIN*

 

Assalamu Alaikum Wr Wb

Salam Sejahtera untuk kita semua

Ketua Yayasan Pendidikan Koperasi yang kita hormati,

Rektor IKOPIN, Bapak DR Burhanuddin Abdullah yang kita cintai dan banggakan dan seluruh civitas Academica IKOPIN insan pejuang pembawa obor pelita cahaya Koperasi…

Dan orang Tua ataupun wali yang mewakili para wisudawan dan wisudawati yang kami hormati

Serta khususan kepada wisudawan wisudawati..

Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat dan rahmatnya sehingga pada pagi ini kita bisa menghadiri acara Wisuda Program Sarjana Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN)

Sholawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, Nabi akhirul zaman, laa nabiya ba’dah. Tidak ada nabi lagi setelahnya.

Pertama-tama, atas nama Pengurus DPP IKA IKOPIN, kami mengucapkan selamat kepada semua wisudawan dan wisudawati yang hari ini dikukuhkan sebagai alumni Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN).

Hari ini saudara telah resmi menyelesaikan seluruh proses pembelajaran di IKOPIN dan siap untuk kembali ke pangkuan masyarakat, membina, mengabdi dan mengamalkan seluruh ilmu yang diperoleh selama saudara belajar di IKOPIN. DPP IKA IKOPIN merasa bangga atas atas kelulusan saudara, karena kembalinya saudara ke masyarakat semakin memperkuat, memperkokoh dan menambah peran IKOPIN dalam membangun bangsa, lebih khusus lagi gerakan Koperasi. Saudara adalah ujung tombak gerakan Koperasi untuk melakukan pembinaan, pengelolaan, pengembangan dan pertumbuhan Koperasi yang moderen di era digitilisasi dan  melanjutkan amanat para pendiri bangsa, terutama Bung Hatta Bapak Koperasi kita. Kembalinya saudara kepada masyarakat diharapkan terus “memancarkan sinar terang”, membawa kecerahan bagi masyarakat karena saudara adalah “tempat terbitnya cahaya” dalam membina masyarakat. Selanjutnya kami berpesan agar saudara mampu menjaga dan memelihara nama baik IKOPIN dan Gerakan Koperasi. Yaitu dengan menjaga untuk terus berperilaku baik sebagai insan paripurna serta memberikan manfaat kepada orang lain karena sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat kepada orang lain (khairunnasi anfa’uhum linnaas).

Hari ini saudara resmi menyandang gelar “sarjana”. Secara etimologis, kata “sarjana” berasal dari bahasa Sanskerta: sajjana yang berarti “berwatak baik, arif dan terhormat”. Arti kata tersebut sesungguhnya mencerminkan sikap manusia sebagai khalifatul fil ardh atau pemimpin di dunia –setidaknya pemimpin untuk diri sendiri. Sebagai pemimpin, saudara dituntut agar menjadi insan yang berintegritas, yaitu manusia yang serasi, selaras antara ucapan dan perbuatan; manusia yang berintegritas adalah manusia yang serasi dalam ketiga ranah baik kognitif, afektif maupun psikomotor. Manusia berintegritas adalah manusia yang selaras antara pemahaman keagamaan dan sikap sosialnya, yaitu manusia yang saleh baik secara agama maupun secara sosial. Manusia berintegritas adalah manusia yang senantiasa lurus sebagai akibat ketaatannya kepada ajaran agama. Bukan manusia yang hanya pintar ilmu agamanya namun mengalami kendala dalam melaksanakan ajaran agamanya tersebut atau sering disebut gap implementation. Saudara harus menjauhi dari sikap hipokrit atau manusia munafik yang berbeda antara ucapan dimulut dan perbuatan. Adalah mudah untuk menjauhi sikap ini, yaitu dengan menjauhi tiga ciri munafik, yaitu: “jika berkata ia bohong, jika berjanji ia lupa dan jika diberi amanah ia khianat”.

Dalam memasuki dunia kerja, adinda saya tidak usah gamang, proses wisuda ini disamping merupakan acara seremonial juga merupakan titik awal dari sebuah kehidupan baru… kerja.. kerja dan kerja. Kerja itu tidak semata diartikan an sich sebagai “orang gajian” tapi kerja adalah juga sebagai bagian dari ibadah… kerja sebagai bagian dari sebuah perubahan untuk selalu bisa memberikan nilai tambah.

Bekerja itu tidak hanya sebagai pegawai negeri ataupun sebagai buruh. Bekerja secara formal dan non formal, bekerja sebagai pemilik, bekerja sebagai profesional, bekerja sebagai apapun landasan dasar nya adalah ilmu yang telah kita pelajari selama beberapa tahun di Kampus seribu tangga tercinta ini.

Kita harus bangga sebagai alumni IKOPIN, sarjana ekonomi plus Koperasi. Kita harus bangga dengan Bapak Burhanuddin Abdullah selaku REKTOR IKOPIN, mantan Menteri Kordinator EKUIN dan Gubernur Bank Indonesia, kita harus bangga dan berterima kasih kepada seluruh pimpinan ditingkat Institut, fakultas maupun jurusan, bapak dan ibu dosen kita yang hebat dan memiliki integritas… Pahlawan di Bidang keilmuan dan Koperasi. Jangan pernah lupa sama mereka, minimal kita mendoakannya.

Dan sauadara saudaraku insan Koperasi semuanya salah satu modal dasar terbesar kita adalah amanah daripada Pancasila dan UUD 1945, terlebih lebih pasal 33 UUD 1945.

Untuk itu sekali lagi saya ucapkan selamat dan pesan saya selalulah memberikan nilai tambah dan kerjakan dengan cara cara luar biasa maka hasilnya pasti luar biasa.

Bangkit – Bangun – Bergerak. IKOPIN JAYA

KOPERASI JAYA – RAKYAT MAKMUR – RAKYAT SEJAHTERA.

Merdeka!!!

Wabbilahi taufik wal hidayah

Wassalamu Waalaikum wr wb

Madinah, 05 September 2018

DPP IKA IKOPIN

H ADRI ISTAMBUL LINGGA GAYO, SE

Ketua Umum