skip to Main Content
IKA IKOPIN Akan Menggelar Mubes  Untuk Memilih Ketua Baru

IKA IKOPIN Akan Menggelar Mubes Untuk Memilih Ketua Baru

Panitia Mubes Ika Ikopin ke 12 akan memfasilitasi penggunakan sistem pemilihan dengan menggunakan e-voting atau pemilihan dengan cara daring (online). Namun berbeda dari e-voting yang lain, sistem daring yang diberlakukan pada pemilihan yang akan dilaksanakan pada 7 Oktober 2017 mendatang ini hanya berlaku bagi pemilih yang tidak bisa hadir di lokasi pemilihan yang dipusatkan di Kampus Ikopin Jatinangor. pelaksanaan Mubes akan dilaksanakan pada hari Minggu 8 Oktober 2017 di Graha Suhandani Jatinangor.
Ketua IKA Ikopin, Firman Ubaidillah dalam konferensi pers yang digelar di Sekretariat IKA Ikopin. jatinagor, Minggu (27/8/17) mengatakan, sistem pemilihan daring ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi para pemilih yang berhak memilih, namun tidak dapat hadir di lokasi pemilihan pada hari H. Dengan begitu diharapkan tingkat partisipasi dan jumlah pemilih yang akan ikut memberikan suaranya pada pemilihan ketua IKA Ikopin periode 2017-2019 ini akan meningkat dibanding tahun sebelumnya
“Kalau yang datang langsung ke Graha Suhandani Jatinangor sistemnya tetap secara manual seperti tahun-tahun sebelumnya. Sementara yang tidak datang bisa tetap memberikan hak suaranya melalui online. Intinya kami ingin menjaga tingkat partisipasi dan memperluas tingkat partisipasi alumni. Jadi siapapun yang telah terdaftar dalam daftar pemilih berhak memberikan suara meski tidak hadir di lokasi,” katanya.
Dengan sistem tersebut, alumnus tinggal memilih melalui laman web. Cara mendapatkan hak suara adalah mendaftarkan diri ke panitia melalui laman khusus atau bisa daftar secara kolektif melalui DPD wilayah Ika ikopin.
e-Voting sejatinya mulai banyak dipergunakan di kampus-kampus untuk menggelar proses demokrasi yang lebih modern dan transparan. Mulai dari pemilihan struktur organisasi kampus hingga pemilihan untuk ikatan alumni.
Dengan sistem pemilihan e-voting menunjukan bahwa Ika Ikopin telah bergerak maju untuk menginisiasi proses demokrasi yang efisien. Dan akan menjadi model proses demokrasi lainnya penerapan teknologi dalam proses demokrasi di kampus merupakan salah satu bentuk nyata kontribusi kampus terhadap masyarakat.
Sedangkan Pendaftaran bakal calon ketua umum ini, akan dilaksanakan di Sekretariat Panitia Mubes, Kampus Ikopin Jatinangor. Pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum Ika Ikopin dilaksanakan pada 5 September hingga 15 September 2017 mendatang. “Kami juga memfasilitasi kampanye untuk semua calon melalui laman khusus web ika Ikopin dan medsos resmi Ika Ikopin.
Mengenai pencalonan ketua umum, nama yang berhak maju ke bursa adalah alumnus yang sudah menamatkan jenjang pendidikan S-1 di Ikopin.
Persyaratan yang diminta seperti mengisi formulir pendaftaran, menyampaikan surat pernyataan kesediaan menjadi calon ketua umum, menyampaikan visi dan misi secara tertulis, serta melampirkan daftar riwayat hidup dan salinan ijazah S-1.
Bagi alumni ikopin sudah terdaftar melalui registrasi pada pendataan alumni ikopin akan mendapatkan notifikasi melalui akun email, bagi yang belum dipersilahkan registrasi di www.ika-ikopin.or.id