skip to Main Content
Dinamika Kegiatan DPP Ika Ikopin

Dinamika kegiatan DPP Ika Ikopin

Menjelang berakhir masa bakti periode DPP Ika Ikopin 2017-2021 yang tinggal beberapa bulan lagi kini sangat ramai dialektika rekan-rekan alumni untuk melaksanakan Munas Ikopin.
Sungguh tidak terasa 4 tahun sudah DPP Ika Ikopin melaksanakan tugas dalam berbagai fase yang sangat dinamis. Tidak semua kegiatan dilaksanakan dapat memuaskan semua pihak, ada kegiatan yang dapat dilaksanakan  adapula yang belum dilaksanakan.
Jika boleh dianalogikan ada 3 fase yang kami lalui untuk menyelesaikan tugas amanah munas 2017
1.	Fase Optimistis
2.	Fase Dilematis
3.	Fase kebangkitan

Fase Optimistis (2018)
Awal  tahun 2018 ketika kami dilantik dan  melaksanakan Rakernas dan Seminar di Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil di Jakarta sungguh terasa semangat untuk tetap melaksanakan kolaborasi dan sinergitas Ika Ikopin dengan berbagai stakeholder untuk dapat mengembangkan dan memberdayakan berbagai potensi Alumni Ikopin  serta koperasi.
Diawali dengan melaksanakan revitalisasi Tugu Koperasi yang berada di Kota Tasikmalaya yang terlihat kusam, menjadi lebih bersinar berkat dukungan serta kontribusi para alumni Ikopin.
DPP Ika Ikopin juga ditunjuk menjadi pelaksana kegiatan HUT Koperasi oleh DEKOPIN setiap kali ada kegiatan HUT Koperasi dengan lokasi di Tugu Koperasi  setiap tahunnya.
Selain itu DPP Ika Ikopin juga melakukan kuliah umum khususnya bagi mahasiswa baru Ikopin serta mahasiswa  yang akan menjadi alumni/wisudawan di setiap acara Wisuda Ikopin. Serta menjadi pendamping oleh kampus Ikopin Ketika ada kegiatan akreditasi untuk almamater tercinta

Fase Dilematis (2019 – 2020)
Adalah fase dimana kita memasuki tahun 2019..yang merupakan tahun politik, berbagai kegiatan DPP Ika Ikopin sulit dilaksanakan karena pada tahun ini para alumni Ika Ikopin fokus semua pada perhelatan pesta demokrasi negara Republik Indonesia. Sehingga sulit bagi DPP Ika Ikopin melaksanakan kegiatannya di tahun politik itu. 
Memasuki awal tahun 2021, baru lepas dari tahun politik, kita memasuki badai Covid 19 yang luar biasa memporakporandakan sendi sendi kehidupan kita sampai sekarang. Pada fase ini sulit juga buat DPP Ika Ikopin melaksanakan kegiatan secara optimal.
Walaupun demikian di Tahun 2019-2020 ini ada beberapa kegiatan DPP Ika Ikopin yang dilaksanakan oleh beberapa DPP Ika Ikopin Bersama DPD-DPD Ika Ikopin yang ada seperti :
-  Mendorong Alumni untuk menjadi Kepala Dinas Koperasi di Provinsi Jawa Barat 
-  Pelaksanaan berbagai kegiatan pelatihan koperasi  
-  Kegiatan sosial bantuan bencana alam Bersama DPD Ika Ikopin
-  Membantu Donasi Karyawan Ikopin yang meninggal
-  Pembuatan Kartu Anggota Ika Ikopin 
-  Pendatan Anggota Ika Ikopin 

Fase Kebangkitan (2021)
Menjelang akhir periode kepengurusan, DPP Ika Ikopin mulai merajut Kembali semangat untuk tetap melanjutkan perjuangan  menjadi “Garda Terdepan” koperasi Indonesia, beberapa kegiatan mulai digagas untuk Kembali mengangat koperasi di tengah pandemic covid 19. Terakhir kita melaksanakan kegiatan peringatan hari koperasi berupa Webinar dan Virtual Expperiential tour untuk mengobati kerindual para alumni terhadap kampusnya..sungguh respon yang luar biasa. Semoga dapat dilanjutkan dengan kegiatan kegiatan serupa menjelang akhir kepengurusan.

Semoga apapun kegiatan yang kami laksanakan dapat bermanfaat buat kita semua, kalaupun belum sempurna, kami berharap penerus penerus kami dapat menyempurnakan lagi dengan lebih baik
oleh : Abdul Rojak /Direktur Executive Ika Ikopin